PENJELASAN GAMBAR WITH A DMA CONTROLLER
1.Direct
Memory Access (DMA)
Direct Memory Access adalah
sebuah fitur yang memungkinkan sebuah hardware tambahan pada system bus untuk
membantu I/O device/process mengakses main memory secara langsung tanpa harus
menunggu perintah CPU, sehingga CPU dapat digunakan untuk process lain.
Hardware tambahan ini umumnya disebut DMA module.
Cara
kerja DMA adalah sebagai berikut, :
1.CPU
memberikan sinyal pada DMA module bahwa ada I/O interrupt.
2.DMA
module mengambil alih process I/O, mengambil memory yang berkaitan dari CPU dan
memasukkannya dalam address register di DMA.
3.Sementara
CPU melakukan process lain, DMA mengatur I/O process hingga selesai dengan
mengikuti pointer yang ada di register.
4. Register
dan memory yang berubah dikembalikan pada CPU setelah I/O process selesai.
Dalam I/O Management di Sistem Operasi, DMA
sangat berpengaruh untuk menghindari CPU yang terlalu lama menangani I/O
request. Secara kecepatan akses dan respon serta data rate, I/O device umumnya
membutuhkan waktu jauh lebih lama dari pemrosesan process pada umumnya.
Sehingga daripada CPU disia-siakan untuk menunggu, dibuatlah DMA module yang
mendukung DMA.
Source :
2.Pengertian CPU(Central Processing Unit)
CPU
adalah singkatan dari Central Processing Unit, yaitu perangkat keras komputer
(harware) yang bertugas melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat
lunak. Sering disebut sebagai prosesor, atau otaknya komputer. CPU itu sendiri
adalah komponen internal komputer. CPU bentuknya kecil dan persegi, berisi
beberapa konektor logam pada bagian bawahnya untuk dimasukkan secara langsung
ke soket CPU pada motherboard. Setiap motherboard hanya mendukung jenis
tertentu dari CPU sehingga anda harus memeriksa spesifikasi motherboard sebelum
mencoba untuk mengganti atau meng-upgrade CCara Kerja CPU
CPU hanya bekerja untuk memindahkan data yang telah
ditentukan oleh program.
Pada
dasarnya CPU bekerja dengan 3 fungsi dasar, yaitu menerima input (masukan),
memproses data dan menyediakan output (keluaran). Input yaitu proses memasukkan
data eksternal ke dalam komputer. Yang termasuk perangkat input pada komputer
adalah mouse, keyboard, modem dan scanner. Setelah itu data input tersebut
selanjutnya akan diolah menjadi output oleh CPU. Output ialah hasil dari
pengolahan data yang dilakukan oleh sistem komputer.
Output
tersebut dapat disimpan secara permanen maupun sementara. Disinilah peran
memori. Jika intruksi yang diberikan berbentuk logika dan aritmatika,
maka ALU akan mengambil alih operasi dan kemudian mengolahnya. Jika intruksi
telah selesai dikerjakan, maka control unit akan mengambil hasil dari
pengolahan yang sebelumnya telah ditampung atau disimpan secara sementara untuk
ditampung lagi ke Output-Storage.
Setelah ditampung di Output-Storage, maka selanjutnya hasil dari pengolahan sistem tersebut akan ditampilkan di Output-Device, melalui perangkat yang terpasang pada komputer seperti monitor, printer atau program komputer yang menjalankannya.
Setelah ditampung di Output-Storage, maka selanjutnya hasil dari pengolahan sistem tersebut akan ditampilkan di Output-Device, melalui perangkat yang terpasang pada komputer seperti monitor, printer atau program komputer yang menjalankannya.
Source :
3.PENGERTIAN
I/O INTERFACE
I/O interface adalah peralatan yang dimana informasi dapat masuk dan keluar dari perangkat seperti computer. Dalam komputasi input output adalah komunikasi antara system pengolahan informasi dan dunia luar. Input adalah sinyal atau data yang diterima oleh system dan output adalah sinyal atau data yang dikirim dari itu. Contoh alat input yaitu keyboard , mouse , scanner, joystick , camera digital, bar code reader, webcam . dan contoh dari alat output adalah monitor, printer, proyektor, dan speaker.
I/O interface adalah peralatan yang dimana informasi dapat masuk dan keluar dari perangkat seperti computer. Dalam komputasi input output adalah komunikasi antara system pengolahan informasi dan dunia luar. Input adalah sinyal atau data yang diterima oleh system dan output adalah sinyal atau data yang dikirim dari itu. Contoh alat input yaitu keyboard , mouse , scanner, joystick , camera digital, bar code reader, webcam . dan contoh dari alat output adalah monitor, printer, proyektor, dan speaker.
Contoh alat input yaitu :
• KEYBOARD
Keyboard adalah perangkat mesin ketik yang menggunakan susunan tombol atau kunci, yang bertindak sebagai tuas mekanis atau saklar elektronik. Keyboard computer pertama kali dibuat pada tahun 1868, yang pada dasarnya desain keyboard dibuat seperti mesin ketik. Jenis jenis keyboard dapat digolongkan menjadi 4 yaitu : serial, ps/2, USB dan wireless.
• MOUSE
Pengertian dari mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel maupun wireless. kabel yang menghubungkan mouse dengan komputer bentuknya mirip dengan ekor tikus. Walaupun saat ini keberadaan mouse sudah banyak tergantikan dengan perangkat touchpad dimana semua fungsi dari mouse bisa dilakukan dengan menggunakan touchpad ini, namun masih lebih banyak user yang lebih memilih menggunakan mouse daripada touchpad.terdapat beberapa macam fungsi mouse, antara lain pengeontrol persebaran tampilan objek, memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet, mengaktifkan command button, sebagai penggerak pointer.
• BAR CODE READER
Bar code reader adalah sebuah alat elektronik barcode cetak. Seperti flatbet scaner , terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan implus ke optik yang mengandung listrik. Selain itu hampir semua barcode berisi sirkuit decoder menganalisis barcode data yang diberikan oleh sensor dan mengirim konten bercode untuk output port scaner.
• DIGITAL CAMERA
Kamera digital adalah kamra yang mengambil video atau foto foto dengan merekam gambar pada sensor elektronik.kamera digital biasanyamenggunakan lensa dengan diafragma variabel untuk memfokuskan cahaya ke sebuah perangkat gambar.
Kamera digital dapat menampilkan gambar pada layar segera setelah direkam, an menyimpan dan menghapus gambar dari memory.dalam beberapa kamera memerlukan driver dan tambahan software. Resolusi kamera digital dibatasi oleh sensor gambar yang mengubah cahaya menjadi sinyal diskrit, hitungan pixel pada kamera ini umumnya dianggap menunjukan resolusi kamera.
• WEB CAMERA
Webcam adalah kamera video yang mengambil gambar secara real time ke komputer
atau jaringan komputer melalui usb dan WIFI. Penggunaan yang paling populer
adalah pembentukan link video, memungkinkan komputer bertindak sebagai
videophone . penggunaan umum untuk webcam adalah untuk world wide web.
Penggunaan populer lainya adalah untuk pengawasan keamanan, visi komputer
dan penyiaran video. Webcam dikenal karna biaya produksi yang redah dan
fleksibilitas. Penggunaan webcam dapat diintegrasikan dalam laptop.
• DIGITAL VIDEO CAMERA
• DIGITAL VIDEO CAMERA
Adalah kamera yang digunakan untuk akuisisi film elektronik, awalnya
dikembangkan oleh industri televisi , namun sekarang umum dalam aplikasi lain
juga.kamera video terutama digunakan dalam 2 mode. Yang pertama karakteristik
penyiaran awal banyak , adalah siaran langsung . dalam mode ke 2 gambar direkam
ke perangkat penyimpanan untuk pengarsipan atau diproses lebih lanjut.rekaman
video digunakan di televisi dan produksi film .
• FIREWIRE
• FIREWIRE
Mulai dikembangkan pada akhir tahun 1980-an oleh apple sebagai firewire, merupakan standard bus interface untuk komunikasi kecepatan tinggi .firewire sebanding dengan USB, meskipun USB memiliki pangsa pasar yang lebih tinggi.firewire adalah serial bus yang berarti bahwa informasi yang ditransfer satu bit pada suatu waktu. Bus pararel memanfaatkan jumlah koneksi fisik yang berbeda dan dengan demikian biasanya jauh kurang efisien , lebih mahal, dan biasanya lebih berat.firewire dapat menghubungkan hingga 63 perangkat . hal ini memungknkan peer to peer perangkat komunikasi, seperti komunikasi antara scaner dan printer berlangsung tanpa menggunakan memori sistem dan CPU.
•
PARAREL PORT
Jenis interface yang ditemukan pada kompuer untuk menghubungkan peripheral.
Dalam komputasi sebuah port pararel adalah komunikasi pararel antarmuka fisik.
Hal ini dikenal sebagai port printer. IEEE 1284 standar mendefinisikan versi
bi-directorial ,yang memungkinkan transmisi dan penerimaan bit pada waktu yang
sama.
• NIC
• NIC
Adalah perangkat keras komponen komputer yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer. Pengendali jaringan awal interface biasa diterapakan pada kartu ekspansi yang terhubung ke bus komputer. Pengontrol jaringan mengimplementasikan sirkuit elektronik yang dibutuhkan untuk berkomunikasi lapisan fisik tertentu dan lapisan seprti ethernet , wifi atau token ring. Hal ini menyediakan dasar untuk stack protokol jaringan penuh, dan memungkinkan komnikasi antara kelompok-kelompok kecil dari komputer di LAN yang sama.contoh dari NIC adalah RJ 45 yang memiliki 8 pin.
• MODEM PORT
Modem port digunakan oleh komputer dengan modem internal untuk menyambug ke
internet melalui saluran telepon biasa . ini digunakan untuk dial-up akses
internet , yang melakukan cara paling lama untuk online.port modem memiliki 20
sisi. Hal ini biasanya terletak di sisi komputer jika komputer memiliki modem
internal. Contoh modem port : RJ-11 yang memiliki 4 pin.
• PORT UNTUK KEYBOARD DAN MOUSE
Port untuk keyboard dan mouse ada komputer memiliki warna standard. Untukkeyboard berwarna ungu dan memiliki 6 pin mini-din. Untuk mouse memiliki port berwarna hijau dan juga memiliki 6 pin mini-din.
Contoh
alat Output yaitu :
• Monitor (screen)
• Monitor (screen)
Fungsi alat keluaran yang memberikan dan menampilkan informasi atau data atau
instruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan oleh komputer.
• Printer :
Funsi :alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
Funsi :alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
• Plotter
Fungsi merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
Fungsi merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
• Speaker (Speakers)
Fungsi Speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.
Fungsi Speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.
• Proyektor ( Projector )
Fungsi alat keluaran yang fungsinya sama seperti monitor, biasa digunakan untuk presentasi karna gambar yang dikeluarkan dipancarkan melalui cahaya yang langsung bisa dipancarkan ke dinding sehingga bisa diatur skalanya.
Fungsi alat keluaran yang fungsinya sama seperti monitor, biasa digunakan untuk presentasi karna gambar yang dikeluarkan dipancarkan melalui cahaya yang langsung bisa dipancarkan ke dinding sehingga bisa diatur skalanya.
• Hedaset (Headphones)
Fungsi tak berbeda dengan speaker yaitu sebagai alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara, akan tetapi hanya bias didengar oleh pemakai saja.
Fungsi tak berbeda dengan speaker yaitu sebagai alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara, akan tetapi hanya bias didengar oleh pemakai saja.
Source :
4.Address
Bus
Digunakan
untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada
jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau
dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
CARA
KERJA :
menandakan
lokasi sumber ataupun tujuan pada prosestransfer data. Pada jalur ini, CPU akan
mengirimkan alamat memori yangakan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya
terdiri atas 16, 20, 24, atau32 jalur paralel.3).
5.Data
Bus
Adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka
jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya
bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini.
Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
Data
busKinerja :memindahkan data antar modul dalam sistem computer yangbersifat
bldirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima datamelalui data bus ini.
Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 paralel.2).
CARA KERJA
Pada
sistem komputer yang lebih maju, arsitektur komputernya akan lebih
kompleks, sehingga untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus.
Tiap
bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini
RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi
yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) .
Sementara
perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih
rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama.
Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge.
Source :
6.Control
Bus
Control
Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address
Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
Control
BusKinerja : mengontrol penggunaan
serta akses ke Data Bus danAddress Bus. terdiri dari 4
sampai 10 jalur parallel.
Source :
7.
Memori
Memori
adalah sistem perangkat yang menyimpan data atau program pada komputer elektronik digital. Penyimpanan mungkin saja sifatnya
sementara ataupun permanen, tergantung pada frekuensi pengambilan data.
Masing-masing unit memori terdiri dari chip yang memiliki fabrikasi built-in
jutaan transistor dan kapasitor. Unsur-unsur kecil bergabung untuk menyimpan
satu bit data dalam sebuah sel memori,dalam bentuk digit biner (0 dan 1).
Kapasitor bertindak sebagai sel tahanan untuk databiner, sedangkan, transistor
memungkinkan sirkuit memori untuk membaca atau mengubahnilai data dalam
kapasitor. Ketika elemen ini terhubung dalam chip memori, kapasitor ini dapat
menerima dan menyimpan data yang dikirim oleh CPU komputer.
Cara
Kerja Memori Komputer
Alamat
dari setiap lokasi memori direpresentasikan dalam sistem bilangan heksadesimal
(basis 16). CPU melacak lokasi tersebut dan melakukan tugas membaca dan menulis
data dari mereka. Transistor dan kapasitor diatur dalam chip memori dalam
bentuk baris dan kolom. Jenis yang paling umum dari memori komputer adalah RAM
(Random Access Memory), yang memungkinkan pengambilan dan penyimpanan data lebih
cepat . Karena kecepatan, RAM memberikan solusi yang optimal untuk menyimpan
data sementara. Namun, perlu aliran listrik yang konstan untuk menyimpan data,
yang tersimpan pada chip segera hilang setelah komputer dimatikan.
Ketika
komputer dihidupkan, beban BIOS (Basic Input Output System) dari ROM (Read –
Only Memory), dan kontroler memori memeriksa semua alamat memori untuk
memastikan bahwa tidak ada kesalahan di dalamnya. BIOS menyediakan
informasidasar tentang urutan boot, perangkat penyimpanan, dan komponen
lainnya. selanjutnya, Operating System di-load dari hard drive ke sistem RAM, yang
memungkinkan CPU untuk memiliki akses langsung ke sistem operasi. Setiap
aplikasi dibuka pada komputer,dimuat ke dalam RAM. Kinerja komputer dengan
membuat transfer data lebih cepat berkat fungsi memori computer.
Source :
8.HOLD
Ini menunjukkan jika ada
perangkat lain yang meminta penggunaan alamat dan bus data. Pertimbangkan dua
perangkat periferal. Salah satunya adalah LCD dan konverter Analog ke Digital
lainnya. Misalkan jika konverter analog ke digital menggunakan alamat dan bus
data dan jika LCD meminta penggunaan alamat dan bus data dengan memberikan
sinyal HOLD, maka mikroprosesor mentransfer kontrol ke LCD segera setelah
siklus saat ini berakhir. Setelah proses LCD selesai, kontrol ditransfer
kembali ke konverter analog dan digital.
9.HLDA
HLDA
adalah sinyal pengakuan untuk HOLD. Ini menunjukkan apakah sinyal HOLD diterima
atau tidak. Setelah pelaksanaan permintaan HOLD, HLDA menjadi rendah.
Source :
REFERENSI
:
https://www.acronymfinder.com/HLDA.html
https://nurhaliza15.blogspot.com/2019/10/penjelasan-gambar-with-dma-controller.html
Komentar
Posting Komentar